BITTER IS NOT ALWAYS BAD

patient

Sedih memang jika kita mengingat hal-hal yang tidak berkenan dihati, Maka dari itu jangan diingat! Tapi terkadang as human sudah tahu sakit tapi masih saja diingat dan banyak orang bilang butuh waktu untuk kita melupakan. Padahal masih banyak yang harus kita lakukan di semesta ini  kenapa tak cukup bisa membuat move on? Kita akan tahu jawabannya

Setiap orang mempunyai caranya sendiri untuk menyembuhkan luka hati. Ada yang berpura-pura kuat untuk menjadi kuat padahal dirinya sangat rapuh, memilih untuk diam dan memendam sendiri, memilih jalan-jalan keluar negeri, memilih menangis berhari-hari, memilih pergi ke clubbing untuk mengobati stresnya, memilih bunuh diri (Stupid!!!) ada juga yang memilih untuk berkoar-koar di social media, menghina dan memaki. Kalian termasuk yang mana guys? Adakah salah satunya atau salah semua? At least kita sendiri yang lebih tahu bagaimana cara yang terbaik untuk diri kita.

Guess what, kenapa kalau kita sakit hati rasa sakitnya berasa ada disebelah kiri dada? padahal itu letak jantung. Jadi selama ini yang kita pegang itu jantung. Kenapa namanya bukan sakit jantung (kalau sakit jantung bisa dipasang pacemaker dong), tapi memang Bahasa inggrisnya jantung itu heart dings hehehhe………..kenapa kalau sakit hati tidak pegang hatinya (takut dibilang mules ya).

Suatu bentuk kerohanian atau peristiwa kejiwaan yang kita alami itulah hati perasaan yang tidak tahu dimana tempatnya.  Setiap orang dikaruniai itu semua, penjahat kelas kakap sekalipun. Itulah kenapa kita bisa merasa bahagia, sedih,nyaman, takut, was-was. Karena kita memiliki hati yang tidak tergambarkan oleh atlas anatomi manapun. Tuhan menciptakan hati perasaan juga menciptakan otak untuk berfikir. Itulah kenapa manusia adalah mahkluk paling sempurna. Sebab Tuhan sayang sama kita. Masih ingat betul wejangan dari orang tua saya “ Apapun keadaan kamu sekarang, jangan lupa untuk tetap bersyukur. Allah itu tidak pernah menyulitkan mahkluknya, membuat mahkluknya sengsara, tidak begitu sifat ALLAH. Kamu dikasih cobaan karena ALLAH itu sayang, DIA mau menunjukan kalau kamu adalah orang yang kuat sebab kamu sanggup menghadapinya. Mbak….menangislah sekarang tapi tidak untuk besok dan besok-besoknya lagi. Pesan Ibu cuma satu “ jangan pernah menyalahkan, coba memaafkan kemudian lupakan sakitmu”.

Air mata saya tidak bisa terbendung bukan karena sakit hati lagi yang saya rasakan, melainkan rasa syukur karena dikelilingi orang-orang yang begitu peduli. Suatu kenikmatan bukan?

Ada orang yang belum bisa menerima untuk apa bersyukur karena merasa dirinya disakiti atau terdzolimi, dimanakah keadilan tuhan?

Kita jangan pernah menganggap bahwa hidup kita paling misery. Perbuatan yang salah adalah menyalahkan orang lain apalagi Tuhan. Cobalah untuk berinstropeksi diri siapa tahu apa yang kita dapatkan sekarang bisa jadi karena perbuatan kita sendiri. Orang terkena duri sekalipun bisa jadi karena dosanya yang ia perbuat.  Coba memaafkan dan belajarlah dari kesalahan.

Saya ingin sedikit bercerita mengenai apa yang saya alami 3 hari yang lalu. Siang itu sangat terik seolah matahari membakar kulit namun saya harus pergi ke Jakarta pusat untuk suatu urusan. Saya menggunakan sepeda motor sampai ke stasiun, kemudian pergi menggunakan kereta. Saya lupa membawa kartu flaz alhasil tidak bisa masuk ke parkiran stasiun. Terpaksa harus memarkirkan motor ke tempat lain, namun sayang tempat parkir semuanya penuh.  Akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke stasiun selanjutnya hanya untuk parkir motor. Oke finally I got it. Langsung saja saya naik kereta KRL. Unpredictable untuk kesekian kalinya, Kereta sudah dipenuhi penumpang sampai berjubel-jubel. “What about today” ini bukan weekend dan bukan jam sibuk, kenapa penuh sekali?

Sudah dengan perasaan kesal karena panas-panasan, haus, capek karena nyari parkiran, ditambah ada seorang laki-laki berdiri disamping saya, entah disengaja atau tidak, memutuskan tali tas saya tanpa bilang maaf kemudian berlalu begitu saja. Astagfirullah,,, I just wanna shout “ Eh pak elu ngeselin banget, udah mutusin ga minta maaf pergi gitu aja lagi “ Rasanya ingin mengumpat tapi lebih baik memilih untuk diam walaupun hati ingin menangis ”my bag is broken dan bagaimana acara nanti tak mungkin dengan kondisi seperti ini”. Qodarullah, ada tujuan lain dari scenario yang Allah berikan untuk saya. Tepat distasiun Cawang masuklah beberapa orang kedalam kereta. Salah satunya teman semasa kuliah dulu. Ah senang sekali kami berpelukan, menanyakan kabar dan bercerita.

Singkat cerita, sampai distasiun tujuan dan waktu acara masih sekitar 45 menit lagi. Saya memutuskan untuk berjalan-jalan menyusuri salah satu mall dengan kondisi memeluk tas. Coba tebak apa yang terjadi, di salah satu outlite penjual tas. Saya melihat tas yang pernah saya idam-idamkan dulu namun tak  dibeli karena harganya yang menurut saya sangat mahal, sayang sekali uang segitu hanya untuk membeli tas. Namun sekarang tas dijual dengan diskon 50%, baru dan kondisinya pun bagus, Dan saya membelinya sebagai pengganti tas yang putus. Inikah salah satu bentuk kuasa ALLAH dan bentuk keadilan ALLAH?. Perasaan kesal, ingin menangis campur aduk jadi satu digantikan dengan rasa senang dan bahagia. Walaupun terlihat hal yang kecil namun patut saya syukuri. I talk to myself “ terimakasih ya ALLAH, tadi ga dapat parkiran di stasiun pondok cina, seandainya saya dapat parkiran  mungkin tidak akan bertemu teman kuliah saya. Alhamdulillah tas yang putus digantikan dengan tas yang saya sukai.

Jadi pelajaran yang bisa saya ambil adalah harus tetap bersyukur dalam keadaan apapun sekalipun sangat tidak berkenan dihati. ALLAH sayang sama kita dan selalu berlaku adil, yang tadinya sedih gundah gulana berganti dengan rasa senang, bahagia dan gembira. Nah bagaimana dengan orang-orang yang telah menyakiti kita? Contohnya laki-laki tadi yang sudah memutuskan tali tas tanpa meminta maaf. Biarlah ALLAH yang bekerja untuk hal itu, because We reap what we sow.

Jadi kesimpulannya mau move on atau tidak semuanya pilihan diri kita sendiri, Tidak dibatasi oleh waktu….  Judulnya mau ikhlas dan bersyukur. Karena tidak semua sesuatu yang tidak kita kehendaki menimpa kita adalah hal yang buruk .

“ Bitter is not always bad”

“ And you will say thank to ALLAH from it”

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s